Apa itu Pemasaran Digital

Building Your Brand and Culture With The Customer In Mind, membangun budaya perusahaan merupakan hal yang penting bagi kelangsungan sebuah produk. Dalam konteks ini perusahaan harus mampu mendengarkan, menghargai dan memperlakukan para karyawan dengan penuh respek, artinya karyawan perlu dihargai, di dengar dan dihormati, hal ini akan berdampak pada pemasaran digital yang lebih baik, karena “Kebahagiaan Karyawan akan berbanding lurus dengan vitalitas sebuah produk”. Mengapa demikian ? seperti yang telah dikemukakan sebelumnya jika perusahaan memperlakukan karyawan dengan baik tentunya pemasaran produk-produk perusahaan untuk memperluas/meningkatkan fungsi dari Pemasaran tradisional menggunakan internet dan teknologi informasi yang kita kenal dengan nama Pemasaran Digital atau Digital Marketing.  Ilustrasinya ada dua perusahaan yakni perusahaan A dan perusahaan B masing-masing bergerak dibidang yang sama perusahaan A mungkin dilengkapi dengan perangkat teknologi yang lengkap, namun pemasaran yang dilakukan menggunakan perangkat teknologi tersebut minim atau mungkin belum tepat sasaran sementara perusahaan B walaupun hanya menggunakan sosial media (metode pemasaran menggunakan situs jejaring sosial dan periklanan digital) tetapi selalu dipantau prospek pemasaran digital, sararan pemasaran digital, produk yang dipasarkan dan selalu dievaluasi sehingga meningkatkan laba perusahaan, meningkatkan brand sebagai perusahaan pemasaran digital dan tentunya memberikan reward kepada kinerja para karyawan tersebut.

 

 Foto By : Pexels


Tata cara pemasaran digital/digital marketing dapat dikelompokan dalam beberapa poin dibawah ini diantaranya :

  1. Periklanan Digital melalui banner merupakan file grafis biasanya berukuran (468 x 60 pixels atau 200 x 200 pixels) atau bisa disesuaikan sendiri yang dipasangkan pada website penyedia iklan atau website perusahaan dan disajikan dengan menarik sehingga mengarahkan pengunjung ke halaman website. Pengunjung akan merasa tertarik dengan iklan yang dipasang pada perusahaan anda.
  2. Sponsorship merupakan salah satu cara digital marketing untuk memikat calon pengunjung sehingga benar-benar mau dan bersedia membeli produk yang dipasarkan dengan pemberian bonus yang bermanfaat bagi calon pembeli atau mungkin melakukan pemasaran terhadap produk dari perusahaan anda.
  3. Daftar Produk terklasifikasi merupakan salah satu cara pemasaran digital marketing seperti yang sering kita lihat pada surat kabar, koran ataupun majalah. Ini merupakan pengklasifikasian secara online dimana tertuju pada orang-orang yang siap membeli/menggunakan produk perusahaan yang dihasilkan. Keunggulan jenis klasifikasi online dibandingkan dengan offline yakni pengguna dapat mencari produk dengan cepat  dan tepat  memanfaatkan form pencarian yang sudah terindeks dalam database.
  4. Pemanfaatan Email yakni pemasaran digital dengan memanfaatkan email yang dapat disebarkan, biasanya dilakukan dengan beberapa cara yaitu : (1). Dengan meletakan iklan atau sebuah pesan dalam email seseorang. Misalnya ketika kita menerima email dari sebuah perusahaan terdapat sebuah pesan pengiklan melalui banner/iklan digital . (2). Dengan cara langsung mendistribusikan atau mengirimkan email kepada calon pelanggan/pembeli berupa email penawaran produk. (3). Memberi fasilitas email subscribe pada website yang dimiliki perusahaan sehingga setiap kali anda mengupdate berita pada website berupa (produk-produk yang ditawarkan) maka email notifikasi bisa sampai kepada para netter yang telah mendaftar secara otomatis dari setiap pemberitahuan berita yang di update oleh perusahaan.
  5. Pemasaran dengan metode affiliasi yakni salah satu jenis pemasaran digital dengan cara memannfaatkan pengiklan. Artinya para pengiklan akan menjual produk dengan cara online dan tidak menutup kemungkinan untuk membangun jaringan afiliasi terhadap produk yang dijual perusahaan.
  6. Pemasaran menggunakan mesin pencari. Pemasaran ini akan mengandalkan informasi yang diberikan oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll. Sebagian besar orang akan mencari informasi/produk dari sebuah perusahaan dengan memanfaatkan mesin pencari. Apalagi mendapatkan tempat pertama pada halaman pencarian seperti google, yahoo, bing dll. ini akan membuat brand perusahan semakin dikenal oleh publik.
  7. Sosial Media. Merupakan fasilitas yang tidak asing bagi kebanyakan orang saat ini seperti facebook, frienster, twitter, myspace, linkedln, youtube meetup dll. Ini merupakan senjata digital marketing yang ampuh dan dasyat. Menggunakan sosial media sebagai platform digital marketing merupakan suatu cara yang efektif untuk mendemonstrasikan kemampuan dan pengetahuan komunikasi untuk mendapatkan calon pembeli.    

 


Demikian beberapa tatacara pemasaran digital, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Salam Hangat.

Tags

Top Post Ad

Below Post Ad

Copyright © 2022 By winnerjavier.com | Design By Finansial Tekhnologi Artikel